Berapa Panjang Maksimum Kabel UTP?

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa panjang maksimum kabel UTP untuk mengoneksikan dua titik jaringan hanya mampu pada kisaran 80 - 100 meter saja.

Sebenarnya pendapat tersebut belum tentu benar, karena tidak disyaratkan pada jenis kabel tertentu, sedangkan kabel UTP banyak macam kualitasnya tergantung pada pabrik yang mengeluarkan produk tersebut.

Tidak jarang kita temui dalam prakteknya kabel UTP dengan panjang 20 meter saja sudah bermasalah, biasanya harga kabel UTP ini sangat murah jika dibandingkan dengan jenis kabel yang memiliki kualitas.

Jika dilihat dari merek produk keluaran AMP dan Belden memiliki kualitas menengah keatas, karena biasanya produk ini memiliki tingkatan kualitas atau grade hingga kualitas premium.

Kami kebetulan sedang mencoba menghubungkan dua titik jaringan dengan menggunakan kabel UTP merek AMP Cat 6. Berapa panjang maksimum kabel UTP yang kami dapatkan? Ternyata diluar dugaan, kami coba dengan panjang lebih kurang 170 meter masih tembus dan hasilnya maksimal.




1 komentar:

Unknown mengatakan...

🔥🔥🔥